TOP NEWS

Sabtu, 03 November 2012

XXI Short Film Festival 2013

http://www.21shortfilm.com/images/logofes.gif
Perhelatan festival film pendek XXI Short Film Festival merupakan ajang festival film pendek tingkat nasional yang pertama kali digelar oleh Cinema 21.
Sebagai jaringan bioskop terbesar di Indonesia, Cinema 21 menggelar acara XXI Short Film Festival untuk mencari bakat-bakat muda dalam film Indonesia yang akan menjadi kekuatan dunia perfilman di masa mendatang. Selain itu, festival ini juga digelar sebagai bentuk kepedulian Cinema 21 terhadap perkembangan film Indonesia yang berbasis komunitas di seluruh Indonesia.
Acara XXI Short Film Festival yang pertama ini akan diselenggarakan pada bulan Maret 2013 di Jakarta.
Festival ini akan dibagi dalam dua jenis pemutaran, yaitu program non-kompetisi dan kompetisi.
Untuk program non-kompetisi, XXI Short Film Festival akan menghadirkan beberapa film pendek pilihan dari dalam negeri sendiri, serta retrospektif khusus sutradara terkemuka di Indonesia, di mana karya-karya film pendek mereka akan ditayangkan secara khusus dalam festival ini, serta diskusi khusus bersama mereka, selain itu juga ada film-film pendek pilihan mancanegara.
Sedangkan untuk program kompetisi, panitia XXI Short Film Festival mengundang para generasi muda di seluruh Indonesia untuk mendaftarkan film pendek mereka ke festival ini. Ada tiga kategori kompetisi yang bisa diikuti oleh para pembuat film pendek amatir dan profesional di Indonesia, yaitu:
  1. Film Pendek Fiksi Naratif
  2. Film Pendek Animasi
  3. Film Pendek Dokumenter
Dari masing-masing kategori akan dipilih satu pemenang pilihan juri, dan juga penghargaan khusus pilihan media di setiap kategori.
Seluruh pemenang ini akan mendapatkan penghargaan khusus dari Cinema 21, dan kesempatan untuk film-film pemenang diputar luas secara umum lewat penayangan regular di jaringan bioskop Cinema 21 terpilih seusai festival.

SYARAT DAN KETENTUAN


  1. Film pendek yang didaftarkan untuk XXI Short Film Festival 2013 adalah film pendek dengan genre atau jenis film seperti di bawah ini:
    1. a. Film pendek fiksi naratif
    2. b. Film pendek dokumenter
    3. c. Film pendek animasi
  2. Film pendek yang didaftarkan dapat menggabungkan dua atau seluruh genre di poin di atas. Namun untuk kepentingan kompetisi, panitia seleksi akan memutuskan satu genre di mana film tersebut akan dikompetisikan.
  3. Film pendek yang didaftarkan adalah film pendek yang dibuat dan diproduksi di Indonesia.
  4. Film pendek yang didaftarkan tidak lebih dari batas waktu durasi 30 menit. Tidak ada batas waktu minimum untuk durasi film.
  5. Film pendek yang didaftarkan adalah film yang diproduksi setelah tanggal 1 Juli 2011.
  6. Film pendek yang dibuat selain dalam bahasa Indonesia diwajibkan memiliki teks terjemahan (subtitle) bahasa Indonesia.
  7. Panitia XXI Short Film Festival 2013 sangat memperhatikan kualitas gambar dan cerita dari film yang didaftarkan sebagai salah satu poin penting penilaian.
  8. Pendaftar bertanggung jawab atas segala permasalahan hak cipta yang terkait dengan pembuatan dan kepemilkan film pendek yang didaftarkan.
  9. Seluruh biaya dan proses pengiriman materi film yang didaftarkan ke panitia XXI Short Film Festival merupakan tanggung jawab pendaftar.


PENILAIAN


  1. Seluruh pendaftaran film pendek harus diterima panitia selambat-lambatnya pada tanggal 10 Desember 2012. Panitia berhak menolak film yang terlambat untuk didaftarkan dan mendiskualifikasi pendaftaran film dengan informasi yang kurang lengkap atau salah.
  2. Panitia akan memberitahukan melalui email film yang telah masuk pendaftaran.
  3. Panitia pre-seleksi akan melakukan seleksi terhadap seluruh film yang masuk untuk kemudian dipilih kembali sebanyak maksimum 10 (sepuluh) finalis di setiap kategori film pendek yang dilombakan.
  4. Penilaiaan masing-masing kategori kompetisi akan dilakukan oleh juri yang dipilih oleh panitia festival. Nama-nama juri akan diberitahukan kemudian.
  5. Pemenang akan diumumkan pada acara Malam Penghargaan XXI Short Film Festival 2013 pada hari terakhir festival.
  6. Dengan mendaftarkan film pendek pada XXI Short Film Festival 2013, berarti pendaftar telah mematuhi peraturan yang ditetapkan di Syarat dan Ketentuan ini. Keputusan panitia festival adalah mutlak dan final. Tidak ada korespondensi yang akan dilakukan dengan pihak luar sehubungan dengan keputusan panitia dan hasil akhir penjurian.


PENGHARGAAN


Enam pemenang untuk kompetisi 21 Short Film Festival 2013 yaitu:
  1. Film Pendek Fiksi Naratif Terbaik
  2. Film Pendek Dokumenter Terbaik
  3. Film Pendek Animasi Terbaik
  4. Film Pendek Fiksi Naratif Pilihan Media
  5. Film Pendek Dokumenter Pilihan Media
  6. Film Pendek Animasi Pilihan Media
Tiga pemenang utama akan mendapat hadiah uang tunai masing-masing sebesar Rp.10.000.000 (sepuluh juta rupiah) dan sertifikat dari Cinema 21.

Tiga pemenang Media Choice Award atau Film Pendek Terbaik Pilihan Media akan mendapatkan hadiah uang tunai masing-masing sebesar Rp 2.500.000 (dua juta lima ratus ribu rupiah) dan sertifikat dari Cinema 21.
Pemenang akan diumumkan dalam acara Malam Penghargaan pada hari terakhir festival. Seluruh film pemenang akan diputar dalam pemutaran reguler secara khusus di Cinema 21 seusai festival.

CONTACT INFORMATION


Panitia XXI Short Film Festival
Jl. Sutan Syahrir IC/3-4
Jakarta 10350
Indonesia

Telpon: +62-21-31925115
Fax: +62-21-31925360
Email: info@21shortfilm.com



0 komentar: